Pusat Crystal X Yogyakarta

Pusat Crystal X Yogyakarta
Alamat : Ponggalan UH 7/240 Rt.16/06 Giwangan, Kec. Umbulharjo - Yogyakarta 55163. Pin BB DDCE56C1

Penyebab Lendir Berlebihan Di Daerah Kewanitaan

Keputihan "normal" yang dialami oleh wanita sangat beragam jenisnya sehingga dalam hal ini masing-masing wanita berbeda jenis keputihan yang dialaminya. Penyebabnya karena beberapa orang memiliki hormon yang berbeda-beda. 

Jadi jika seorang wanita hanya mengalami keputihan berlendir yang bening dan tipis, itu tidak berarti wanita tersebut memiliki sesuatu yang perlu dikhawatirkan. Kecuali jika keputihan yang berlendir tersebut disertai beberapa gejala yang tidak wajar, seperti yang akan kita bahas dibawah ini.

Tapi sebelum kita mengeksplorasi berbagai kemungkinan penyebab lendir yang berlebihan dan penanganannya, langkah awal yang harus Anda lakukan adalah  memahami ciri-ciri guna untuk mengidentifikasi kapan lendir berlebihan itu menjadi perhatian yang utama. 

Jadi apa yang harus dilakukan jika mengalami lendir yang berlebihan? Sebenarnya lendir yang keluar dari organ intim wanita itu untuk membersihkan dan melumasi miss v. Dengan membiarkannya keluar akan bermanfaat untuk  membawa sel-sel mati dan bakteri, untuk menjaga keseimbangan bakteri baik di dalam organ intim kewanitaan.

Setelah mengenali manfaat dari lendir yang keluar, anda harus menyadari bahwa jika keluarnya berwarna putih susu atau sedikit tebal, mungkin hanya melakukan tugasnya untuk mencuci sel mati dan bakteri. Atau bisa juga hanya sebuah perubahan berdasarkan fluktuasi hormonal yang juga akan kita bahas lebih detail sedikit. 

Penyebab Lendir Berlebihan
Penyebab Lendir Berlebihan



Apa yang menyebabkan cairan putih tebal?

Jika keputihan yang datang tanpa disertai bau yang kuat atau warna yang tidak normal seperti kuning atau hijau, dan viskositas atau teksturnya kental namun tetap mulus. Hal itu bisa disebabkan oleh sejumlah alasan jinak. Sebagai contoh, itu hanya bisa berupa fluktuasi hormonal karena stres, siklus haid tidak teratur.

Jika keputihan yang keluar tebal dan juga melar, kemungkinan anda akan mengalami ovulasi saat itu, yang merupakan fenomena normal bagi banyak wanita. 

Ini karena setelah periode anda berakhir dan siklus baru anda dimulai, lendir biasanya mengental dan meningkat dalam jumlah sampai periode berikutnya tiba. 

Tapi jika berada di sisi krim, itu mungkin juga pertanda kehamilan, jadi periksa untuk melihat di mana anda berada dalam siklus anda dan jika anda pernah melakukan hubungan seks tanpa kondom beberapa saat sebelum itu.

Mengingat semua penyebab tersebut, kemungkinan besar tidak akan ada yang perlu dilakukan atau bahkan perlu dikhawatirkan. Kecuali Anda pikir Anda mungkin hamil dan ingatlah, begitu banyak gejala kehamilan awal seperti pelepasan dan pembengkakan yang mengental hampir tidak dapat dibedakan dari tanda pra menstruasi.

Maka anda harus melakukan tes kehamilan begitu anda melewatkan menstruasi anda. Meskipun mungkin untuk melakukan tes lebih awal, untuk masalah akurasi, disarankan agar anda meminumnya sehari setelah menstruasi Anda seharusnya tiba.



Keputihan putih tebal sebelum periode

Sekali lagi, ini bisa dan lebih sering daripada tidak, akan jatuh dengan "fluktuasi hormonal" yang disebutkan sebelumnya. Jika sekitar dua minggu sebelum menstruasi Anda dijadwalkan tiba dan teksturnya juga agak melar, berarti itu adalah ovulasi dan itu normal sekali.

Jika anda mendekati periode berikutnya dari itu, itu masih normal, seperti yang disebutkan sebelumnya. Ini karena jumlah keputihan anda akan meningkat dan tekstur akan menebal saat mendekati menstruasi anda berikutnya, karena rahim dan rahim anda mengeluarkan lebih banyak untuk membersihkan vagina anda dalam persiapan untuk menumpahkan lapisan rahim yang mana yang terjadi selama menstruasi anda.
Namun, jika lendir anda tidak mulus tapi agak clumpy, maka itu mungkin perlu menjadi perhatian. Apalagi jika warnanya lebih kuning atau hijau daripada putih susu, dan memiliki bau yang tidak sedap. 
Karakteristik ini bisa menandakan apapun dari infeksi jamur hingga penyakit menular seksual (PMS) hingga vaginitis atrofik. Di sini kita akan mencantumkan beberapa gejala yang menyertainya untuk setiap kondisi, sehingga Anda memiliki beberapa gagasan tentang apa yang mungkin terjadi dengan tubuh Anda.

Walaupun beberapa di antaranya dapat diobati dengan obat bebas, Anda masih harus berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan diagnosis yang tepat dan resep yang dibutuhkan.

1. Penyakit Menular Seksual (PMS) seperti klamidia, gonore dan trikomoniasis akan menyebabkan keputihan anda menebal, disertai gatal atau iritasi vagina, dan anda mungkin lebih sering merasakan nyeri saat buang air kecil dan seks. 

Dengan gonore, anda mungkin juga mengalami bercak di antara periode menstruasi, yang berarti pelepasan lebih dari normal tapi dengan warna pink atau coklat tua, disertai gejala lain yang akan muncul di tempat lain di tubuh anda.

Jadi, dalam kasus pelepasan abnormal PJL ini, biasanya anda akan diberi antibiotik yang diresepkan. Selain itu, perhatikan bahwa mereka tidak harus menyebar melalui hubungan seks tetapi juga melalui kontak dekat seperti menggunakan handuk atau pakaian renang yang sama juga bisa menjadi faktor.

2. Infeksi ragi gejala terdepan adalah keputihan abnormal, yang disertai bau dan berbentuk tekstur, yang kebanyakan orang akan membandingkannya dengan keju cottage. Gejala lainnya termasuk gatal dan pembengkakan vulva, yang merupakan bagian luar miss v anda yaitu di dekat labia serta rasa sakit atau iritasi saat berhubungan seks. 

Apa yang menyebabkan infeksi ragi adalah kandida jamur yang secara alami ditemukan di miss v. Namun, bila hanya menjadi masalah ketika populasinya mengalami pertumbuhan berlebih dan mulai menunjukkan gejala seperti yang disebutkan di atas. 

Hal ini dapat terjadi ketika tubuh anda mengalami penurunan imunitas, jika snda menderita diabetes dan tidak diobati, atau bahkan menggunakan antibiotik tertentu dapat menyebabkan infeksi ragi, karena mungkin secara tidak sengaja membunuhkan beberapa bakteri baik yang bekerja untuk jaga agar koloni miss v anda seimbang. 

Oleh karena itu, cara untuk mengobatinya akan tergantung apakah ini pertama kalinya anda mengalami keputihan abnormal atau sering mengalami infeksi jamur merupakan masalah yang yang anda alami berulang kali, namun kemungkinan besar Anda akan diberi resep jenis obat antijamur. 
Atau anda bisa mengkonsumsi herbal tradisional yang dapat mengatasi jamur pada area kewanitaan yaitu rose v.

3. Vaginitis atropik terkadang bisa menjadi pintu masuk ke infeksi vagina lainnya, seperti biasanya terjadi setelah menopause. Menopause memerlukan kadar estrogen yang lebih rendah, dan dengan demikian mengubah cara tubuh menjaga vagina anda, dan pada kebanyakan kasus, wanita akan memiliki sedikit keputihan atau pelumasan dari sebelumnya. 

Kekeringan ini juga bisa menjadi penyebab infeksi, terutama jika anda melakukan hubungan intim tanpa pelumasan yang cukup, menyebabkan kulit menjadi mudah tersinggung atau meradang. 

Tetapi dalam kasus vaginitis atrofik itu sendiri, dengan mengabaikan kemungkinan infeksi yang mungkin terjadi, kondisinya hanyalah penipisan dinding rahim anda. Akibatnya, anda akan mengalami kekeringan miss v dan jumlah cairan putih kental hanya sedikit-sedikit. Khususnya selama periode kekeringan, anda mungkin mengalami bercak setelah bercinta. 

Bercak mungkin tidak datang dalam jumlah yang lebih besar daripada lendir anda, tapi warnanya akan berbeda. Biasanya berwarna pink atau coklat tua karena berasal dari perdarahan ringan. 

Untuk benar-benar mengetahui apakah kondisi anda adalah akibat dari vaginitis atrofi, anda perlu dokter untuk melakukan beberapa tes untuk memeriksa tingkat estrogen anda juga. Dengan demikian, pengobatan biasanya berkaitan dengan tweaking kadar estrogen Anda, baik itu melalui oral admission atau dengan terapi penggantian estrogen.



Cairan putih tebal tidak berbau

Sekali lagi, jika keputihan anda tidak berbau dan tidak memiliki warna atau tekstur yang tidak normal, seharusnya tidak ada alasan untuk khawatir. Dan kasusnya biasanya adalah jika keputihan Anda tidak normal dalam warna atau tekstur, itu juga akan berbau aneh. 

Oleh karena itu, jika lendir anda tidak memiliki bau yang tidak sedap dan hanya tebal dan putih, itu mungkin disebabkan oleh salah satu alasan jinak yang telah kita bahas sebelumnya di artikel tersebut.

Untuk menambahkan poin yang disebutkan di atas, bagaimanapun adalah bahwa jika keputihan anda melar dan anda mengira sedang menjalani ovulasi, yang terbaik adalah menghindari berhubungan jika anda tidak mencoba untuk hamil. 

Tapi jika anda sudah melakukan hubungan seks tanpa kondom dan harus mendekati siklus anda berikutnya, mungkin saja cairan putih tebal itu adalah tanda kehamilan. 

Keputihan ekstra yang disebabkan oleh kehamilan harus tidak berbau, atau jika tidak, hanya memiliki bau ringan. Jika anda telah melewatkan masa menstruasi anda dan juga mulai mengalami bercak ringan, kemungkinan besar jika anda melakukan tes kehamilan itu, itu akan terlihat positif.



Cairan putih tebal setelah bercinta

Seperti yang telah kita sebutkan, fungsi utama keputihan adalah membersihkan dan melumasi. Kedua fungsi ini sangat dibutuhkan selama dan setelah hubungan intim, jadi sangat normal bagi tubuh Anda untuk mengeluarkan lebih banyak cairan setelah seks.

Meski kebanyakan orang mengira pelumas miss v menjadi air dan jernih, itu juga normal jika datang seperti susu atau bahkan krem. Selama tidak berbau busuk, variasi warna dan tekstur kemungkinan besar terjadi karena fluktuasi hormonal anda, tergantung dari mana anda berada dalam siklus anda.

Jika setelah bercinta, lendir anda tebal dan sedikit kering, maka mungkin berarti anda mendekati akhir siklus haid anda. Hal ini karena serviks anda mengeluarkan cairan untuk membantu perjalanan sperma lebih mudah, untuk membuahi sel telur saat ovulasi. Tapi jika anda mendekati akhir siklus anda maka waktu ovulasi telah berlalu.

Kemungkinan lain adalah bahwa apa yang disebut cairan putih tebal yang anda lihat setelah berhubungan seks sebenarnya bukan lendir anda. Jika anda baru saja melakukan hubungan seks tanpa kondom, cairan itu mungkin merupakan sisa ejakulasi. Bahkan jika anda menggunakan metode pull-out, masih mungkin cairan itu adalah cairan pre-ejakulasi pra-cum atau laki-laki.



Cairan putih tebal selama kehamilan

Setelah menyebutkan bahwa karakteristik keputihan anda sering dipengaruhi oleh di mana anda berada dalam siklus haid, maka anda bisa menganggap bahwa keputihan tersebut ada sejak anda mulai hamil.

Anda tidak akan pernah mengalami keputihan, atau setidaknya tidak terlalu banyak. Ini tentu saja, sebuah kesalah pahaman karena fungsi pembersihannya tetap ada, dan keputihan putih tebal di minggu-minggu awal sebenarnya juga merupakan salah satu gejala awal kehamilan yang biasanya tidak diketahui atau disalah artikan.

Fakta : Anda bahkan mungkin memiliki lebih banyak lendir daripada saat anda tidak hamil. Ini karena tubuh anda perlu memastikan bahwa serviks dalam kondisi sehat, dan melakukannya dengan mengeluarkan lebih banyak cairan dari biasanya. 

Selain itu, suhu tubuh anda naik sedikit lebih tinggi saat anda hamil juga, dan ini dapat menyebabkan jumlah cairan yang dikeluarkan lebih banyak juga, karena liquefies panas mengental lendir dalam keadaan lebih cair. 

Produksi dengan jumlah besar ini mungkin juga berlanjut ke trimester ketiga anda juga. Jadi seperti waktu atau skenario lain, asalkan lendir anda tidak berbau dan tidak disertai gejala aneh lainnya dari rasa sakit dan iritasi, seharusnya tidak perlu khawatir.


Sebuah kata nasihat tentang apa yang tidak boleh dilakukan

Jadi, setelah mengidentifikasi penyebab yang mungkin dan apa yang harus dilakukan dalam kasus-kasus tersebut. Kami juga ingin memberi tahu anda tentang apa yang tidak boleh dilakukan, dan itu adalah douching. 

Banyak wanita resor untuk douching ketika mereka memiliki banyak lendir, atau ketika teksturnya lebih tebal dari biasanya karena membuat mereka merasa segar atau bersih. 

Bagi mereka yang tidak yakin, douching pada dasarnya mencuci vagina anda - dengan douching yang dibeli dari apotek atau campuran air minum buatan sendiri dengan cuka. Beberapa mungkin lebih suka campuran buatan sendiri, seperti yang ditemukan di apotek biasanya memiliki wewangian atau antiseptik juga.

Namun, bagaimanapun juga, persepsi bahwa itu membuat anda merasa lebih benar-benar bersih semua itu sebuah persepsi. Penggandaan miss v sebenarnya berisiko membunuh koloni bakteri baik yang menjaga keseimbangan kesehatan miss v anda. 

Beberapa penelitian korelasional juga menemukan bahwa wanita yang melakukan douche sering (sekali seminggu atau lebih) mengalami kesulitan untuk hamil, dan jika mereka melakukannya, peluang mereka untuk memiliki kehamilan ektopik juga meningkat sebesar 76%. 

Oleh karena itu, daripada membersihkan miss v anda menjadi kekurangan bakteri baik dan dapat menyebabkan bakteri-bakteri jahat tumbuh berlebih serta menyebabkan infeksi atau pembengkakan, dan bahkan dapat menimbulkan ancaman yang lebih serius bagi anda. 

Lebih baik jika anda mau menggunakan pembersih area organ intim kewanitaan gunakanlah obat tradisional yang terjamin keamanannya didalam penggunaannya. Karena obat tradisional terbuat dari bahan alami dan tidak terkandung bahan kimia yang berbahaya didalamnya.

Pastikan juga jika menggunakan obat herbal tradisional, gunakanlah obat tradisional yang terstandarisasi. Artinya yang sudah memiliki ijin resmi edar dari BPOM sehingga produk tersebut dijamin keamanannya, seperti produk obat tradisional rose v yang telah memiliki ijin edar dari BPOM. 

Akan tetapi jika anda ingin menggunakan obat tradisional yang cara penggunaannya dari luar tubuh untuk organ intim kewanitaan, anda bisa menggunakan produk crystal x. Anda tidak perlu cemas karena produk ini juga sudah memiliki ijin edar dari BPOM sehingga dapat dipastikan keamanannya jika digunakan.
Baca Juga : Inilah Bahaya Pemakaian Crystal x Serta Efek Sampingnya

Sebagai kesimpulan, jika semua yang anda miliki adalah lendir yang tebal, putih keluar, anda tidak perlu cemas. Sebenarnya tidak perlu melakukan apapun tentang hal itu. Jika ada gejala lain yang telah kami sebutkan sebelumnya juga, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter anda untuk mengetahui pengobatan yang sesuai.

0 Response to "Penyebab Lendir Berlebihan Di Daerah Kewanitaan"